Al-Quran: Isa Al-Masih Memberikan Pengetahuan Tentang Hari Kiamat

Pengadilan Terakhir“Sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu . . . . “ (Qs 43:61).

Hari Kiamat adalah hari penentuan! Apakah manusia dimasukkan Allah ke dalam surga-Nya yang mulia, atau dibuang ke neraka jahanam untuk selamanya.  Hari itu tidak seorang manusiapun yang tahu. Nabipun tidak!

Pengetahuan Hari Kiamat & Hakim Yang Adil

Al-Quran menegaskan, Allah merahasiakan datangnya hari kiamat (Qs 20:15). Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”. Hal ini diulang sebanyak tiga kali, yaitu dalam Qs 43:85; Qs 67:26, dan Qs 7:187. Ketiga ayat tersebut menegaskan, bahwa pengetahuan hari kiamat hanya ada di sisi Allah.

Pada hari kiamat, penghakiman atas manusia terjadi. Baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Sekali lagi Al-Quran memberi kesaksian, hanya Allah yang akan menghakimi manusia pada hari tersebut (Qs 2:113;  Qs 22:69;  Qs 32:25). Sebab, “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?” (Qs 95:8).

Isa Al-Masih Mengetahui Hari Kiamat

Kesaksian Al-Quran, hanya Allah yang mengetahui hari kiamat. Namun di sisi lain, Al-Quran juga berkata, “sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).

Kesimpulannya: Hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat. Lalu, siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia mendapat keistimewaan dari Allah untuk mengetahui hari kiamat?

Isa Al-Masih Hakim Yang Adil

Isa Al-Masih bukan hanya mengetahui hari kiamat. Tetapi Dia juga akan menjadi Hakim, yang akan menghakimi manusia pada hari kiamat. Dia akan menjadi saksi terhadap manusia (Qs 4:159).

Beberapa hadist mengatakan lebih jauh, bahwa Isa Al-Masih adalah Hakim yang Adil. Seperti Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sungguh akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil”.  Hadist Muslim II halaman 76, “Demi Allah, sesungguhnya akan turun (datang) putra Maryam selaku Hakim yang adil”. Dan Hadits dari Musnad Imam Ahmad ibn Hanbal Jilid II/411, “Daripadamu akan bertemu dengan Isa ibnu Maryam sebagai imam Mahdi dan hakim yang adil”.

Kesaksian senada juga terdapat dalam Injil. “Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya (Isa Al-Masih) dan Ia akan memisahkan (mengadili) mereka seorang dari pada seorang...” (Injil, Rasul Besar Matius 25:32).

Bagi mereka yang telah menerima berkat keselamatan dari Allah melalui Anak-Nya (Isa Al-Masih) akan menerima Kerajaan dan Hidup Kekal bersama Isa Al-Masih (Injil, Rasul Besar Matius 25:34). Sedangkan mereka yang hidup dalam dosa, akan dilemparkan ke dalam api kekal (neraka) (Injil, Rasul Besar Matius 25:41)

Hanya Allah dan Isa Al-Masih Mengetahui Hari Kiamat & Menjadi Hakim Yang Adil

Mengapa hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat serta disebut sebagai Hakim Yang Adil?. Sebab, Isa Al-Masih  adalah Kalimat Allah. Berasal dari Allah dan kembali pada Allah.

Karena Dia adalah Kalimat Allah, maka apapun yang diketahui Allah, akan Dia ketahui juga. Apapun yang dihakimi Allah, juga akan dihakimi Isa Al-Masih. Sekalipun Isa Al-Masih pernah menjadi manusia, tetapi sekarang Dia sudah kembali pada Allah, sebagaimana mulanya Dia adalah Kalimat Allah.

Allah Lebih Dari Satu?

Jika demikian, apakah Allah dan Kalimat Allah diartikan menjadi dua Allah?  Atau Allah dan Kalimat Allah dan Roh Allah diartikan menjadi tiga Allah?.

Sebagaimana Diri Allah dan Roh Allah tidak dapat dipisahkan, demikian juga Diri Allah dan Kalimat Allah tidak dapat dipisahkan. Diri Allah dan Kalimat Allah adalah satu. Diri Allah dan Roh Allah adalah satu. Allah, Kalimat Allah, dan Roh Allah adalah satu. Satu dalam firman, satu pula dalam pengetahuan, dan satu penghakiman pada Hari Kiamat.

Siapkah Untuk Hari Kiamat?

Bagaimana menjadi siap untuk Hari Kiamat?  Satu-satunya cara ialah menerima Isa Al-Masih sebagai Juruselamat pribadi.  “Semua orang yang menerima-Nya [Isa Al-Masih] diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

[Staf Isa dan Islam – Sebagai  “anak Allah” saudara akan siap menghadapi Hari Kiamat.  Semoga Saudara berminat belajar lebih mendalam lagi mengenai Jalan Keselamatan]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer