Al-Quran: Isa Al-Masih Memberikan Pengetahuan Tentang Hari Kiamat

Pengadilan Terakhir“Sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu . . . . “ (Qs 43:61).

Hari Kiamat adalah hari penentuan! Apakah manusia dimasukkan Allah ke dalam surga-Nya yang mulia, atau dibuang ke neraka jahanam untuk selamanya.  Hari itu tidak seorang manusiapun yang tahu. Nabipun tidak!

Pengetahuan Hari Kiamat & Hakim Yang Adil

Al-Quran menegaskan, Allah merahasiakan datangnya hari kiamat (Qs 20:15). Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”. Hal ini diulang sebanyak tiga kali, yaitu dalam Qs 43:85; Qs 67:26, dan Qs 7:187. Ketiga ayat tersebut menegaskan, bahwa pengetahuan hari kiamat hanya ada di sisi Allah.

Pada hari kiamat, penghakiman atas manusia terjadi. Baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Sekali lagi Al-Quran memberi kesaksian, hanya Allah yang akan menghakimi manusia pada hari tersebut (Qs 2:113;  Qs 22:69;  Qs 32:25). Sebab, “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?” (Qs 95:8).

Isa Al-Masih Mengetahui Hari Kiamat

Kesaksian Al-Quran, hanya Allah yang mengetahui hari kiamat. Namun di sisi lain, Al-Quran juga berkata, “sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).

Kesimpulannya: Hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat. Lalu, siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia mendapat keistimewaan dari Allah untuk mengetahui hari kiamat?

Isa Al-Masih Hakim Yang Adil

Isa Al-Masih bukan hanya mengetahui hari kiamat. Tetapi Dia juga akan menjadi Hakim, yang akan menghakimi manusia pada hari kiamat. Dia akan menjadi saksi terhadap manusia (Qs 4:159).

Beberapa hadist mengatakan lebih jauh, bahwa Isa Al-Masih adalah Hakim yang Adil. Seperti Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sungguh akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil”.  Hadist Muslim II halaman 76, “Demi Allah, sesungguhnya akan turun (datang) putra Maryam selaku Hakim yang adil”. Dan Hadits dari Musnad Imam Ahmad ibn Hanbal Jilid II/411, “Daripadamu akan bertemu dengan Isa ibnu Maryam sebagai imam Mahdi dan hakim yang adil”.

Kesaksian senada juga terdapat dalam Injil. “Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya (Isa Al-Masih) dan Ia akan memisahkan (mengadili) mereka seorang dari pada seorang...” (Injil, Rasul Besar Matius 25:32).

Bagi mereka yang telah menerima berkat keselamatan dari Allah melalui Anak-Nya (Isa Al-Masih) akan menerima Kerajaan dan Hidup Kekal bersama Isa Al-Masih (Injil, Rasul Besar Matius 25:34). Sedangkan mereka yang hidup dalam dosa, akan dilemparkan ke dalam api kekal (neraka) (Injil, Rasul Besar Matius 25:41)

Hanya Allah dan Isa Al-Masih Mengetahui Hari Kiamat & Menjadi Hakim Yang Adil

Mengapa hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat serta disebut sebagai Hakim Yang Adil?. Sebab, Isa Al-Masih  adalah Kalimat Allah. Berasal dari Allah dan kembali pada Allah.

Karena Dia adalah Kalimat Allah, maka apapun yang diketahui Allah, akan Dia ketahui juga. Apapun yang dihakimi Allah, juga akan dihakimi Isa Al-Masih. Sekalipun Isa Al-Masih pernah menjadi manusia, tetapi sekarang Dia sudah kembali pada Allah, sebagaimana mulanya Dia adalah Kalimat Allah.

Allah Lebih Dari Satu?

Jika demikian, apakah Allah dan Kalimat Allah diartikan menjadi dua Allah?  Atau Allah dan Kalimat Allah dan Roh Allah diartikan menjadi tiga Allah?.

Sebagaimana Diri Allah dan Roh Allah tidak dapat dipisahkan, demikian juga Diri Allah dan Kalimat Allah tidak dapat dipisahkan. Diri Allah dan Kalimat Allah adalah satu. Diri Allah dan Roh Allah adalah satu. Allah, Kalimat Allah, dan Roh Allah adalah satu. Satu dalam firman, satu pula dalam pengetahuan, dan satu penghakiman pada Hari Kiamat.

Siapkah Untuk Hari Kiamat?

Bagaimana menjadi siap untuk Hari Kiamat?  Satu-satunya cara ialah menerima Isa Al-Masih sebagai Juruselamat pribadi.  “Semua orang yang menerima-Nya [Isa Al-Masih] diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

[Staf Isa dan Islam – Sebagai  “anak Allah” saudara akan siap menghadapi Hari Kiamat.  Semoga Saudara berminat belajar lebih mendalam lagi mengenai Jalan Keselamatan]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

Tolong memberikan komentar yang tidak melanggar norma-norma. Kami berhak menghapus komentar yang kasar, mengejek dan bersifat menyerang termasuk komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel di atas. Silakan menggunakan bahasa yang jelas dan tidak menggunakan singkatan!

PEDOMAN MEMASUKKAN KOMENTAR:

(1) Tidak boleh memakai lebih dari satu kotak.
(2) Pertanyaan / masukan harus berhubungan erat dengan uraian.
(3) Sebaiknya satu atau paling dua pertanyaan / konsep dimasukan dalam satu comment.
(4) Masukan harus selalu sopan dan jangan agresif.
(5) Masukan tidak boleh memuat banyak bahasa lain, misalnya Bahasa Arab.
(6) Masukan harus dalam Bahasa Indonesia yang lazim dimengerti semua orang.
(7) Masukan tidak boleh memakai singkatan-singkatan, misalnya yg, dlm, sdh,dlsbgnya.
(8) Huruf besar tidak boleh dipakai untuk menekankan sesuatu.
(9) Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Kami mempersilakan Saudara mengemail [email protected] untuk pertanyaan / comment yang majemuk. Kami senang menjawabnya.

Wassalam,
Staff, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# jelan 2012-06-08 11:39
*
“Sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).

Hal ini tidak berarti Isa tahu kapan hari kiamat itu. Hanya Allah saja yang tahu kapan hari kiamat itu. Isa Al-Masih itu hanya memberikan pengetahuan tentang hari kiamat, begitu juga nabi Muhamad memberikan pengetahuan tentang tanda-tanda kiamat.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-13 20:44
~
Isa Al-Masih yang adalah Kalimat Allah tentunya tahu persis tentang “hari” kedatangan-Nya kembali. Bahkan Dia memberitahu kepada murid-murid-Nya bahwa kedatangan-Nya adalah pada saat yang tidak diketahui. Kedatangan-Nya yang kedua akan terjadi secara mendadak “seperti pencuri pada malam hari” (Injil, Rasul Besar Matius 24:43).

Oleh sebab itu Isa Al-Masih memberikan peringatan kepada murid-murid-Nya dengan berkata: “Karena itu berjaga-jagalah , sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang” (Injil Rasul Besar Matius 24:42).
~
SL
Quote
# jelan 2012-06-08 11:52
*
“Semua orang yang menerima-Nya [Isa Al-Masih] diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

Jelas ayat ini hanya bagi mereka yang percaya nama-Nya, bukan yang mempercayai-Nya sebagai Tuhan.

Isa Al-Masih bukan tahu kapan hari kiamat itu terjadi, bedakan kata “pengetahuan” dengan “mengetahui”! Hanya Allah yang mengetahui kapan kiamat itu, manusia tidak, malaikat juga tidak.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-13 20:40
~
“Semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

Ayat ini menjelaskan bahwa tidak semua orang menerima Isa Al-Masih. Namun setiap orang yang percaya bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah yang telah menjadi manusia akan diangkat menjadi anak-anak Allah.

Sebagai manusia Isa Al-Masih tidak mengetahui kapan” hari” kiamat. Tetapi sebagai Kalimat Allah, Isa Al-Masih jelas mengetahui. Bahkan justru hari kiamat tidak akan terjadi kalau Isa Al-Masih tidak datang kembali ke dunia.
~
SL
Quote
# jelan 2012-06-08 12:03
*
“Karena Dia adalah Kalimat Allah, maka apapun yang diketahui Allah, akan Dia ketahui juga. Apapun yang dihakimi Allah, juga akan dihakimi Isa Al-Masih. Sekalipun Isa Al-Masih pernah menjadi manusia, tetapi sekarang Dia sudah kembali pada Allah, sebagaimana mulanya Dia adalah Kalimat Allah”.

Allah hanya menciptakan Isa dengan Kalimat nya (firman nya) Allah. Allah hanya mengatakan kalimat Kun(jadi) maka jadi lah Isa Al-Masih.Begitu juga Adam diciptakan tanpa ayah dan ibu hanya meniupkan ruh kedalam nya maka jadilah manusia pertama yaitu Adam.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-13 20:36
~
Saudara Jelan,

Tidak ada satu ayatpun dalam Al-Quran untuk membuktikan bahwa Isa Al-Masih "diciptakan" Allah sebagaimana Adam.

Bahkan Qs 3:45 tidak mengatakan bahwa Isa Al-Masih diciptakan dari Kalimat Allah. Melainkan, Kalimat itu datang dari Allah. Kalimat itu adalah kepunyaan Allah. Dengan kata lain, Isa Al-Masih itu adalah Kalimat Allah.

"Ingatlah, ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)" (Qs 3:45).
~
SL
Quote
# jelan 2012-06-08 12:19
*
Kesimpulannya: Hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat. Lalu, siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia mendapat keistimewaan dari Allah untuk mengetahui hari kiamat?

Isa Al-Masih adalah rasul Allah, dia tidak mengetahui kapan kiamat itu terjadi.
“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaik  at di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Injil, Rasul Besar Matius 24:36).
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-11-21 10:26
~

Dalam Al-Quran tertulis, "Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus" (Qs 43:61).

Ayat di atas telah menjelaskan bahwa Isa Al-Masih tahu kapan datangnya kiamat. Dan penjelasan yang sama juga terdapat dalam Injil yaitu, tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, yang dijelaskan kepada pengikut-Nya.

Mengenai tanda-tanda ini dapat dibaca pada Injil, Rasul Besar Matius, pasal 23.

Siapakah yang dapat mengetahui tanda-tanda dan kapan kiamat datang selain Allah? Jelas tidak ada satu pun manusia yang mengetahuinya. Hanya Kalimat Allah, yaitu Isa Al-Masih! Sebab Dia adalah Allah-Manusia.

Isa Al-Masih adalah Allah – Manusia, Sebagai manusia, tugas-Nya hanyalah menyampaikan apa yang menjadi Kehendak AIllah untuk disampaikan kepada manusia. Namun dalam kapasitas-Nya sebagai Tuhan, justru Isa Al-Masih yang menentukan kapan hari kiamat itu terjadi.
~
SL
Quote
# cak giminin 2012-12-13 14:07
*
“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaik at di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Injil, Rasul Markus 13:32).

Anda terlalu berlebihan di sini, jika saya dosen ilmu gempa yang mengetahui tentang ilmu gempa, apakah saya juga bisa mengetahui kapan akan terjadinya gempa?
Tentu tidak bukan.

Benar apa yang dikatakan Jelan yakni anda harus faham dan bisa membedakan kata antara pengetahuan dan mengetahui.
Terima kasih.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-01-13 17:13
~
Saudara Cak Gimin,

Kami setuju dengan pandangan saudara Jelan bahwa pengetahuan dan mengetahui mempunyai makna yang berbeda.

Berkaitan dengan hari kiamat Isa Al-Masih menjelaskan, “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaik at di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja” (Injil, Rasul Markus 13:32).

Dalam ayat ini, Isa Al-Masih tidak mengatakan "Aku tidak tahu" tetapi “Anak tidak tahu". Artinya Isa Al-Masih sebagai manusia 'Anak', Dia tidak berwenang mengetahui hari Kiamat.

Tetapi Isa Al-Masih dalam ke- Allahan-Nya, Dia maha tahu. Oleh sebab itu Isa Al-Masih pasti mengetahui kapan hari kiamat itu terjadi.
~
SL
Quote
# kucoba 2012-12-17 21:06
*
Sekarang banyak orang membicarakan hari kiamat 21 Desember 2012. Ternyata tidak ada yang tahu hari kiamat selain Allah dan Isa Al-Masih.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-12-20 16:01
~
Saudara Kucoba,

Memang benar akhir-akhir ini, para penghayat ramalan memprediksi bahwa kiamat akan terjadi pada tahun ini. Ramalan yang paling mendebarkan adalah datangnya kiamat pada 21 Desember 2012. Ramalan ini bersumber pada kalender suku Maya - suku bangsa yang pernah hidup di Selatan Meksiko, di sekitar Guatemala.

Menurut Al-Quran dan Hadits sebenarnya tidak seorangpun yang mengetahui waktu datangnya hari kiamat, apalagi sampai menyebutkan tanggalnya.

Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah berfirman:”Kata kanlah:’Sesungg uhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.”

Dan yang paling penting bagi kita adalah pengharapan akan kedatangan Isa Al-Masih yang kedua. Oleh sebab itu marilah kita bersama mempersiapkan diri untuk kedatangan Isa Al-Masih yang kedua ini.
~
SL
Quote
# cak gimin 2012-12-22 17:54
*
Semua nabi berpengetahuan akan hari kiamat, tapi tidak ada nabi yang mengetahui kapan hari kiamat itu akan tiba termasuk Isa Al-Masih. Dalam ayat Az Zukhruf ayat 61 , nabi Isa itu berpengetahuan bukan mengetahui, karena dalam ayat tersebut berbunyi 'Ilmun’ bukan 'Alima’.

Apakah anda bisa membedakan artikulasi bahasa yang benar akan kata pengetahuan dan mengetahui? Saran saya, sebaiknya anda belajar dulu ilmu nahwu dan saraf sebelum menafsirkan Al-Quran dan jangan hanya menafsirkan ayat Quran dalam bahasa terjemahan saja.

Terima kasih.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-01-13 17:15
~
Saudara Cak Gimin,

Kami sampaikan terima kasih atas penjelasan dan saran saudara.
~
SL
Quote
# cak gimin 2013-01-29 21:11
*
@Staff IDI,

Jika demikian anda berjiwa kesatria dan berani memberikan revisi pada tulisan anda jika itu salah. Karena hal ini akan menyangkut kredebilitas anda sebagai sebuah situs yang berdakwah untuk ajarannya.

Sehingga khalayak umum dapat menilai apa maksud sebenarnya dari situs ini, apakah murni berdakwah atau memfitnah ajaran orang lain?

Terima kasih.
Quote
# andi 2013-02-15 15:06
*
Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sunggu h akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil.” Hadist Muslim II halaman 76, ...dan seterusnya.

Al-Quran memberi kesaksian, hanya Allah yang akan menghakimi manusia pada hari tersebut (Qs 2:113; Qs 22:69; Qs 32:25). Sebab, “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? ” (Qs 95:8)

Jadi jika keduanya menghakimi akan ada 2 hakim? Atau hakim ketuanya Allah sendiri lalu Isa menjadi Hakim pembantu?
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-02-18 18:24
~
Isa Al-Masih dalam Kitab Suci mengatakan: "Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak" (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:22).

Ayat ini menjelaskan bahwa Isa Al-Masih yang adalah Allah-manusia akan datang ke dunia untuk yang ke dua kalinya..

Kedatangan-Nya yang pertama adalah dalam peristiwa Inkarnasi, yaitu ketika Dia mengambil kodrat manusia dan lahir dari Perawan Maria dan kemudian menjalankan seluruh misi penyelamatan manusia, – penderitaan, kematian, kebangkitan dan kenaikan Isa Al-Masih ke Sorga.

Kedatangan Isa Al-Masih kembali atau kedatangan-Nya yang kedua disebut Hari Tuhan atau hari kiamat, yaitu berakhirnya dunia ini. Kali ini Isa Al-Masih sebagai Hakim atas semua orang.

Bagi setiap orang yang telah percaya kepada-Nya akan masuk ke sorga, tetapi setiap orang yang tidak percaya dalam nama-Nya akan dilemparkan ke dalam lautan api. Dalam penghakiman ini manusia dinyatakan bersalah karena tidak percaya dalam nama Isa Al-Masih.
~
SL
Quote
# Tian 2013-05-04 11:49
*
“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaik at di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Injil, Rasul Markus 13:32).

Menurut saya, “Firman Tuhan di atas adalah benar." Ayat ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus tidak tahu kapan hari kiamat terjadi, hanya Bapa saja yang tahu waktunya.

Tuhan Yesus hanya mengingatkan saja supaya kita berjaga. Harap dibawa dalam doa mengenai ayat diatas supaya tidak tercipta suatu kesimpulan yang salah karena hanya Bapa yang tahu waktunya.

Terima kasih.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-05-13 10:26
~
Al-Quran memberi kesaksian, hanya Allah yang mengetahui dan menjadi Hakim pada hari kiamat. “Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya” (Qs 22:69).

Namun di sisi lain, Al-Quran juga menyatakan bahwa Isa Al-Masih juga akan menjadi Hakim, yang akan menghakimi manusia pada hari kiamat. Dia akan menjadi saksi terhadap manusia (Qs 4:159).

Mengapa demikian? Karena Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah, maka apapun yang diketahui Allah, akan Dia ketahui juga. Dan apapun yang dihakimi Allah, juga akan dihakimi Isa Al-Masih.

Oleh sebab itu dalam dalam Injil Rasul Besar Matius 25:13, Isa Al-Masih berkata: “Karena itu, berjaga-jagalah , sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."
~
SL
Quote
# adriansyah 2013-05-23 07:54
*
Dia akan menjadi saksi terhadap manusia pada hari kiamat, yang mengatakan Dia (Isa) sebagai Tuhan. Dan juga Isa akan jadi saksi terhadap kaumNya bahwa Dia bukanlah Tuhan melainkan hanya utusan Allah.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-05-24 14:18
~
Memang ada ayat-ayat dalam Alkitab yang menyatakan Isa Al-Masih sebagai utusan Allah. Namun di sisi lain juga banyak ayat-ayat yang menujukkan Isa Al-Masih adalah Allah.

Misalnya: “Bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu" (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:24).

Perkataan Isa Al-Masih “Akulah Dia” dalam ayat ini sebenarnya mengacu pada perkataan Allah kepada nabi Musa pada semak yang berapi, “Aku adalah Aku" (Taurat, Kitab Keluaran 3:14). “Aku adalah Aku” adalah arti dari kata Yahweh/Allah.

Dan sebagai bukti bahwa Isa Al-Masih adalah Allah bukan sekedar pengakuan-Nya saja, melainkan peran yang akan dimainkan-Nya pada hari kiamat. Sekarang Isa Al-Masih berada di sorga. Namun pada hari kiamat, Dia akan datang kembali sebagai Hakim Adil (Sahih al-Bukhari 3:43:656).

Bukankah hanya Allah saja yang layak menjadi Hakim Adil atas manusia, bukan?
~
SL
Quote
# nono 2013-05-28 15:29
*
Hadis tentang Isa akan turun lagi itu statusnya masih meragukan, belum sahih,karena perawinya mualaf yang diperkirakan masih terkontaminasi ajaran agamanya sebelumnya.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-06-10 12:49
~
Memang untuk mengetahui kedatangan Isa Al-Masih, kita tidak perlu menggunakan sumber yang lain kecuali Alkitab.

Kedatangan kedua Isa Al-Masih yaitu kembalinya Isa Al-Masih dari s orga ke bumi telah dinubuatkan dalam Alkitab. Nubuat ini mencakup kebangkitan semua orang mati,  penghakiman terakhir terhad ap orang yang hidup dan yang mati, dan pendirian penuh Kerajaan Allah di bumi.

Bahkan Alkitab juga mencatat peringatan yang disampaikan oleh Isa Al-Masih untuk para pengikutNyadala m menyambut kedatanganNya yang kedua.

"Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu" (Injil, Surat Wahyu 3:3).
~
SL
Quote
# Top Gan 2013-06-14 09:54
*
Apa fungsinya Yesus nanti pada saat pengadilan nanti ?

Kata Paulus, Yesus akan menjadi pembela
“Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?” (Injil, Surat Roma 8:34).

Kata Yohanes, Bapa yang akan menjadi hakim
“Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:30).

Jadinya siapa yang akan menghakimi nantinya, bukankah Yesus hanya sebagai pembela saja!
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-06-21 12:03
~
Nabi Muhammad memberitahukan kepada kita bahwa Isa Al-Masih akan datang sebagai hakim pada hari kiamat. Dia berkata, "Demi Allah yang jiwaku ditangan-Nya sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun ditengah kamu Dia akan menjadi Hakim yang adil" (Hadits Shahih Muslim 127).

Dalam Injil Isa Al-Masih juga mengaku bahwa firmanNya akan menjadi hakim pada hari kiamat.
Sebab ada tertulis : “Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman” (Injil, Rasul Besar Yohanes 12:48).

Berdasarkan keterangan dua saksi ini, jelas bahwa Isa Al-Masih akan menjadi Hakim pada hari kiamat
Sudah siapkah kita, untuk bertemu Isa Al-Masih sebagai hakim pada pengadilan yang terakhir? Kalau belum, kini saatnya kita membuka hati dan menerima Dia sebagai Juruselamat pribadi.

“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya, ..” (Injil, Surat Wahyu 3:20).
~
SL
Quote
# adriansyah 2013-06-21 12:54
*
Isa turun ke bumi hanya menjadi hakim yang adil di dunia. Bukan hakim di akhirat, hanya Allah yang menjadi hakim yang adil tiada yang lain.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-06-26 15:58
~
Sejak peristiwa kenaikan Isa Al-Masih ke sorga, para murid berkumpul di Yerusalem dan menantikan janji malaikat bahwa Isa Al-Masih akan datang kembali seperti Ia telah naik ke sorga.

"Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga" (Injil, Surat Kisah Para Rasul 1:11).

Para murid menyadari dalam pengharapan bahwa kedatangan Isa Al-Masih kedua kali merupakan hari-hari terakhir atau akhir zaman. Masa itu pasti akan datang, tapi ada tanda-tanda yang akan mendahului untuk menjadi peringatan bahwa dunia dan umat manusia menuju pada hari pengadilan.

Jadi, kenaikan Isa Al-Masih ke sorga adalah hakekat kemuliaan sebagai Allah, Dia akan datang ke bumi sebagai seorang hakim, mengadili semua manusia atas kehidupan yang pernah dilakukan.

“Kristus Yesus akan datang lagi ke dunia ini untuk mengadili orang-orang yang hidup dan yang mati; dan Ia akan datang untuk memerintah sebagai Raja“ (Injil, Surat 2 Timotius 4:1).
~
SL
Quote
# adriansyah 2013-07-02 07:41
*
Silakan periksa Injil Rasul Besar Yohanes 17: 3 dan Taurat Kitab Ulangan 4:35.
Anda akan mengetahui siapa Tuhan semesta alam yang patut di sembah, yaitu Allah bukan Yesus
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-07-05 11:06
~
Staf IDI mengucapkan terimakasih untuk setiap komentar yang diberikan.

Yang menjadi pokok utama artikel di atas ialah “Al-Quran: Isa Al-Masih Memberikan Pengetahuan Tentang Hari Kiamat” Kami berharap agar komentar yang masuk hanya menanggapi tiga pertanyaan di bawah ini:

1.Siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia mendapat keistimewaan dari Allah untuk mengetahui Hari Kiamat?
2.Mengapa hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui Hari Kiamat serta disebut sebagai Hakim Yang Adil?. 
3.Siapkah kita menghadap pengadilan Hakim Adil pada Hari Kiamat?

Komentar yang tidak berhubungan dengan pertanyaan di atas, maaf terpaksa kami hapus. Dan bila saudara ingin memberi komentar yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di: .

Demikian, kami harap diskusi kita akan menjadi semakin terarah dan tidak keluar dari topik artikel.

Terimakasih.
~
SL
Quote
# ddd 2013-08-13 01:26
*
“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaik at di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Injil, Rasul Besar Matius 24:36).

“Lihatlah Aku datang seperti pencuri berbahagialah dia yang berjaga jaga” (Injil, Surat wahyu 16:15).

“Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar” (Injil, Rasul Besar Matius 24:44).

Allah memang tidak mau memberi tahu kapan hari kiamat terjadi. Tetapi Isa Al-Masih sudah memberi peringatan agar kita berjaga-jaga.

Tujuan kedatangan Isa Al-Masih bukan memberitahu tanggal hari kiamat melainkan untuk menebus manusia dari dosa.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-08-22 16:54
~
Saudara DDD,

Kami mengucapkan terimakasih atas komentarnya. Kiranya komentar saudara dapat memberikan pencerahan bagi saudara pembaca.
~
SL
Quote
# NabiPalsu 2013-09-14 00:38
*
Memberikan pengetahuan tentang tanda-tanda kiamat berbeda dengan mengetahui kapan kiamat. Isa mengetahui kapan kiamat tetapi Muhammad hanya memberikan tanda-tanda tentang kiamat.

Siapapun bisa memberi pengetahuan tentang kiamat tapi hanya Allah dan Isa Al-Masih yang tahu pasti kapan kiamat. Cari ayat di Al-Quran yang mengatakan Muhammad tahu kapan kiamat, tidak ada! Karena Muhammad tidak berbeda dengan anda dan saya. Hanya manusia berdosa yang menyelamatkan hidupnya sendiri tidak bisa, apalagi menyelamatkan orang lain!
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-09-20 10:15
~
Saudara Nabi Palsu,

Terimakasih atas komentar yang telah saudara berikan. Semoga apa yang telah saudara jelaskan dapat dimengerti sehingga dapat memberikan hidayah bagi saudara kita umat Muslim.
~
SL
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-09-20 10:17
~
Saudara Nabi Palsu,

Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan saudara mengunjungi situs kami dan memberi komentar di artikel kami. Namun maaf, kami terpaksa menghapus komentar-koment ar saudara karena tidak sesuai dengan aturan yang telah kami tetap.

Saran kami, dalam memberi komentar ikutilah ketentuan yang sudah ada. Yaitu:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masu kan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak memakai singkatan-singk atan, misalnya yg, dlm, sdh, tdk, dlsbgnya.
6. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
7. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Untuk pertanyaan/masu kan yang majemuk, silakan mengirim email ke: .
Kiranya petunjuk-petunj uk di atas dapat kita perhatikan.
~
SL
Quote
# echad 2013-09-22 21:25
*
Nubuat Nabi Muhammad SAW dalam Kitab Injil dan Taurat:
"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang" (Injil, Rasul Besar Yohanes 16:13).

"Teramat Manis tutur katanya, ia adalah mahămadîm. Inilah kekasihku dan sahabatku, hai puteri-puteri Yerusalem" (Kidung Agung 5:16).
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-09-27 18:36
~
Saudara Echad,

Sebenarnya kami akan senang memberikan komentar yang sesuai dengan topik yang dibicarakan yaitu Isa Al-Masih Memberikan Pengetahuan Tentang Hari Kiamat.

Dalam Injil Rasul Besar Yohanes 16:13, Penolong dan Penghibur itu tidak mengacu kepada manusia, tetapi kepada Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah sendiri yang dapat menyertai para murid Kristus selama- lamanya. Sebab tidak ada manusia yang dapat “menyertai selama- lamanya”, hanya Tuhan saja yang mampu menyertai selama- lamanya, dan hanya Tuhan saja yang bisa menyertai dan diam di dalam diri murid- murid Isa Al-Masih.

Demikian juga nubuat dalam Kidung Agung 5:16, tidak cocok jika ditujukan untuk Muhammad. Kata maḥămaddîm atau makhamadim” adalah kata sifat yang berasal dari kata dasar – Machmad” yang berarti hasrat atau keinginan. Sedangkan kata “Muhammad” yang berasal dari kata “Ahmad”memiliki arti (kalau tidak salah) yang terpuji.
~
SL
Quote
# Kesya 2014-01-29 18:54
~
Terima kasih banget buat Staff IDI,

Betul, kebenaran tentang Tuhan Yesus itu.
Coba bagilah tautan tentang Tuhan Yesus yang akan datang pada saat hari terakhir sebagai Raja dalam Kerajaan 1000 tahun di bumi.

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal" (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Semoga bermanfaat
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2014-02-18 10:41
~
Saudara Kesya,

Sebelumnya mohon maaf kalau kami terpaksa menghapus dan mengedit komentar saudara.

Namun kami juga menyampaikan terima kasih untuk komentar dan harapan saudara. Tolong doakan agar kami dapat mewujudkan harapan saudara tersebut.
~
Slamet
Quote

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer