Mengapa Isa Disebut "Anak Allah"?

ayah-bayiOrang Islam yang mempelajari Al-Quran sering bingung untuk menjelaskan siapakah sebenarnya Isa Al-Masih. Mereka mengimani Isa sebagai nabi. Tetapi Ia dilahirkan oleh seorang perawan (Qs 19:19). Ia hidup suci tanpa dosa (Qs 19:19). Tidak satupun nabi, termasuk Muhammad, yang tidak berdosa.  Ia mengerjakan banyak mujizat tanpa minta pertolongan Allah (Qs 3:49).  Nabi-nabi lain, ketika melakukan mujizat, selalu meminta pertolongan Allah.  Ia disebut “Kalimat Allah” (Qs 3:39).”  Tidak ada nabi lain yang disebut “Kalimat Allah.”

Ia sekarang berada di sorga, bukan di kuburan seperti semua nabi lain, termasuk Muhammad.  Juga Isa Al-Masih akan kembali sebagai Hakim Adil (Sahih al-Bukhari 3:43:656).  Hal ini tidak dikatakan tentang seorang nabi lain. Memang Al-Quran tidak salah ketika memuliakan Isa Al-Masih dengan mengatakan Ia, “. . . seorang terkemuka di dunia dan di akhirat . . .” (Qs 3:45).

Isa “Anak” Allah

Dari seluruh gelar yang diberikan Al-Quran terhadap Isa Al-Masih, tidak satupun yang setuju dengan sebutan “Anak Allah” kepada Isa Al-Masih. Menurut ajaran Islam, pemberian gelar “Anak Allah” kepada Isa Al-Masih adalah penghujatan bagi Allah. Sebagaimana yang tertulis dalam Al-Quran, “Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan" (Qs 112:3)

Inilah kesalah-pengertian yang dialami oleh umat Muslim dalam memahami iman kekristenan. Sayangnya umat Muslim tidak dapat memahami makna dari kata “Anak Allah” secara figuratif.  Kalau demikian, tentu mereka tidak akan menuduh bahwa Allah yang disembah oleh orang Kristen adalah Allah yang mempunyai anak.

Istilah “Anak Allah” bukan mengacu kepada anak beranak, tetapi lebih kepada hubungan khusus yang dimiliki oleh Isa Al-Masih dengan Allah Bapa.

Melalui penjelmaan-Nya ke dunia, Kalimat Allah, yaitu Isa Al-Masih, dapat secara penuh mengungkapkan isi hati Allah kepada manusia. Dia juga merupakan wakil Allah Bapa yang sama persis. “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi” (Injil, Surat Ibrani 1:1-3).

Demikianlah, “Anak Allah” merupakan istilah untuk Anak Surgawi yang kekal, Kalimat Allah, yang sejajar dengan Allah Bapa. Sebab, sebagai Kalimat Allah, Isa Al-Masih adalah kekal adanya. Dia adalah satu dengan Allah, “Aku dan Bapa adalah satu" (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:30).

Tujuan Anak Allah Datang ke Dunia

Allah sangat mengasihi setiap orang. Baik dia Muslim, Hindu, Budha, Animisme ataupun seorang Ateis, dan setiap orang yang kebetulan lahir dari keluarga Kristen. Setiap orang dari agama-agama ini berjalan menuju ke kebinasaan karena dosa-dosa mereka. Tetapi Allah sangat mengasihi mereka! Ingatlah firman Allah yang berkata, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini . . . “ (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Satu-satunya alasan Isa Al-Masih datang ke dunia adalah menyediakan “jalan keselamatan” untuk menyelamatkan setiap orang dari jurang kebinasaan. Caranya, Ia harus disalib. Ketika di salib, kedua tangan-Nya terbuka lebar sebagai wujud bahwa Ia bersedia menerima setiap orang ke dalam kerajaan-Nya.

[Staf Isa dan Islam – Saat ini, Dia memanggil saudara untuk menerima keselamatan yang Dia sediakan. Inilah janji-Nya, “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Injil, Rasul Markus 10:45)]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# pangri 2013-08-14 06:49
*
Kepada Staf Isa dan Al-Quran,

Lanjutkan misimu Injil Allah harus di sebarluaskan. Saya aplaus buat situs ini. Saya yakin Tuhan Yesus menyertai saudara, dan saudara akan menerima mahkota kelak. Tuhan memberkatimu.
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-08-22 16:44
~
Saudara Pangri,

Kami mengucapkan terimakasih atas komentar yang saudara berikan terhadap artikel pada situs kami. Namun kami berharap agar saudara juga ambil bagian melaksanakan Amanat Agung Isa Al-Masih.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Injil, Rasul Besar Matius 28:19-20)

Bila ada kesempatan, kami persilakan saudara dapat mengunjungi situs kami lainnya. Yaitu: www.isadanislam.com, www.isaislamdankaumwanita.com, dan www.isadanalfatihah.com.

Kiranya Allah juga memberkati saudara.
~
SL
Quote
# Brian 2013-12-17 14:41
~
Sobatku yang satu dalam Kasih Kristus,

Saya mau mengcopy artikel anda dan memberitakan pada domba yang terhilang. Harap anda memberikan saya kebenaran untuk membuat demikian. Dan biarlah pelayanan anda diberkati oleh Tuhan Yesus dan Dia akan menurunkan berkat-Nya atas anda.

Saya mendoakan anda serta menubuatkan agar anda berjalan dalam damai dan sejahtera. Firman-Nya ditaruhkan dalam mulutmu dan engkau akan menjadi penginjil bukan saja bagi umat Islam tapi juga bagi mereka yang terhilang. Dalam nama Yesus Kristus. Amin!
Quote
# Staff Isa dan Al-Quran 2013-12-23 15:00
~
Saudara Brian,

Terima kasih untuk komentarnya. Dan kami menghargai usaha saudara untuk menyalin dan menjelaskan tentang artikel “Mengapa Isa Disebut "Anak Allah?" kepada saudara kita umat Muslim. Kami juga berterimakasih atas dukungan doa saudara agar pemberitaan “Kabar Sukacita” ini dapat menjangkau jiwa yang belum diselamatkan.

Kiranya Allah juga memberkati pelayanan saudara.
~
Slamet
Quote

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer