Apakah Orang Muslim Benar Bahwa Isa Hanyalah Seorang Nabi?

kurang lengkapIsa dari Nazaret adalah nama yang banyak orang ketahui. Orang Kristen percaya bahwa Isa adalah Kalimat Allah. Mereka percaya bahwa Isa adalah Wahyu Allah yang menciptakan segala sesuatu.

Sebaliknya, Muslim percaya bahwa Isa hanyalah salah satu dari nabi-nabi Allah. Walaupun di sisi lain Al-Quran menyebut “Isa Kalimat Allah, terkemuka di dunia dan di akhirat” (Qs 3:45).

Mengapa terdapat perdebatan itu? Isa hanyalah seorang nabi. Apakah itu benar?

Al-Quran Memberi Gambar yang Tidak Lengkap

Dalam Al-Quran terdapat banyak tulisan mengenai Isa Al-Masih. Namun, Isa yang orang Muslim kenal melalui Al-Quran tidak lengkap. Al-Quran menuliskan cerita tentang kehidupan-Nya, tapi mengabaikan banyak informasi penting. Al-Quran menghapus banyak perkataan Isa yang menunjukkan siapa Dia sebenarnya.

Al-Quran mengakui sang Kalimat Allah sebagai nabi yang mengajar orang-orang pada zaman-Nya. Tapi Al-Quran mengabaikan isi ajaran Isa dengan tidak mencatat khotbah dan perumpamaan-Nya. Perkataan baik Isa kepada orang miskin  juga tidak ada. Al-Quran juga menghapuskan pernyataan Isa yang menantang ketua-ketua agama pada zaman-Nya.

Orang Islam Tidak Melihat Keseluruhan

Tanpa mengetahui apa yang Isa ajarkan, katakan, dan lakukan, bagaimana kita bisa benar-benar tahu siapa Dia?

Untuk mendapatkan pemahaman utuh tentang siapa Isa, seseorang harus juga memandang pada Kitab Suci Allah (Taurat, Injil, Kitab Para Nabi). Kitab Suci Allah memberi gambaran yang lebih besar tentang siapa Isa dengan memasukkan perkataan dan tingkah laku-Nya. Juga mencatat khotbah Isa, perumpamaan, dan percakapan-Nya dengan orang-orang di sekitar-Nya. (Injil, Rasul Lukas 24:27).

Melalui Kitab Allah, kita dapat melihat bagaimana Isa Al-Masih menyatakan bahwa Dia adalah Kalimat Allah dan bukan sekedar nabi. (Injil, Rasul Besar Matius 16:13-17).

salah“Isa Hanyalah Seorang Nabi” itu Salah!

Untuk semakin memahami Isa, kita harus mengenal Dia dalam konteks: Apa yang Dia katakan, lakukan, dan akui.

Dengan memiliki pemahaman yang lebih utuh tentang siapa Isa melalui Kitab Allah, kita dapat menghargai Isa Al-Masih yang adalah Kalimat Allah.

Kita semua membutuhkan Isa. Klik di sini untuk belajar lebih lagi tentang Dia.

[Staf Isa dan Islam - Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Apa yang Al-Quran katakan tentang Isa? Apa yang Alkitab katakan tentang Dia?
  2. Apakah Anda mengenal Isa? Apakah Anda tahu apa yang Dia telah perbuat, ajar, dan akui?
  3. Apakah menurut Anda Isa hanyalah seorang nabi? Mengapa? Mengapa tidak?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Untuk sementara komentar tidak diterima.