Al-Quran Mewajibkan Umat Muslim Percaya akan Kitab Taurat

TauratQs 5:46 berkata, “Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israil) dengan ’Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat...”

Ayat di atas membuktikan bahwa yang benar dihadapan Allah adalah Kitab Taurat.

Taurat Menubuatkan Kedatangan Isa Al-Masih

Injil adalah berita Kabar Baik yang dibawa oleh Isa Al-Masih. Berita ini sudah dinubuatkan dalam kitab sebelum Injil, oleh nabi Yesaya “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.” (Kitab Nabi  Besar Yesaya 9:5)

Nubuat serupa juga terdapat dalam Kitab Taurat, “Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.” (Taurat, Kitab Ulangan 18:18)

Selain kedua ayat di atas, masih ada beberapa ayat lain dalam kitab sebelum Injil yang menubuatkan kedatangan Isa Al-Masih.

Isa Al-Masih Menggenapi Nubuat Taurat

Kedatangan Isa Al-Masih telah menggenapi nubuat yang disampaikan para nabi Allah ratusan tahun sebelumnya. Selama berada di dunia, Dia juga telah melakukan apa yang menjadi tugas-Nya, yaitu menyelamatkan manusia dari ikatan belenggu dosa. Dosa yang telah memisahkan manusia dari Kemuliaan Allah. Isa Al-Masih juga telah menjadi “Jalan” agar manusia dapat belajar mengenai "Kebenaran" tentang Allah dan menemukan "Hidup" bersama Allah.

Selain itu, Isa Al-Masih juga telah menggenapi nubuat tentang bagaimana kematian-Nya, seperti yang disampaikan oleh Nabi Besar Yesaya, “Tetapi dia (Isa Al-Masih) tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia (Isa Al-Masih) diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya (Isa Al-Masih), dan oleh bilur-bilurnya (Isa Al-Masih) kita menjadi sembuh” (Kitab Nabi Besar Yesaya 53:5).

Demikianlah, kedatangan Isa A-Masih telah membenarkan kitab sebelumnya, yaitu Taurat: "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.” (Injil Rasul Besar Matius 5:17)

Umat Beragama Wajib Mengimani Semua Kitab Allah Termasuk Taurat

Salah satu rukun iman Islam adalah beriman kepada kitab-kitab Allah, termasuk Taurat. Walaupun umumnya umat Muslim menolak bahwa Taurat adalah firman Allah, tetapi Al-Quran membenarkan bahwa Taurat adalah Firman Allah yang harus diakui.

Selain itu, Taurat juga dikatakan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. Petunjuk itu adalah Isa Al-Masih, Kalimat Allah, satu-satunya jalan yang dapat membawa manusia pada kebenaran Allah dan telah membenarkan kitab suci Allah sebelumnya.

 

[Staff Isa dan Islam – Kiranya Pembaca dapat mempelajari tentang penyediaan keselamatan Allah secara lebih mendalam di www.isadanislam.com]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Tags: Al-Quran

Untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# nas 2011-05-28 08:24
*
Salam,

Tolong memberikan informasi dalam kitab umat Kristiani (ayat-ayat agung) yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih sebagai Tuhan.

Terimakasih atas jawabannya.
# Staff Isa dan Al-Quran 2011-05-30 11:51
~
Saudara Nasrul,

Di bawah ini saya tuliskan beberapa ayat kitab suci yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Tuhan:

“Aku (Isa Al-Masih)dan Bapa adalah satu” (Injil Rasul Besar Yohanes 10:30).

“Tidak ada keselamatan di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia (Isa Al-Masih), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan" (Injil, Surat Kisah Para Rasul 4:12).

“Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias (Isa Al-Masih) dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!” (Injil, Surat Roma 9:5).

“Supaya dalam nama Yesus (Isa Al-Masih) bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku, "Yesus Kristus (Isa Al-Masih) adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!” (Injil, Surat Filipi 2:10-11).

“Akan tetapi, kita tahu bahwa Anak Allah (Isa Al-Masih) telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus (Isa Al-Masih). Dialah Allah yang benar dan hidup yang kekal” (Injil, Surat 1 Yohanes 5:20).
~
SL
# nas 2011-05-31 08:59
*
Salam, terimakasih atas jawaban yang diberikan.

Namun saya kira; Allah (Bapak) dan Isa Al-Masih adalah dua zat yang berbeda, karena saya pernah membaca kitab yang bunyinya: "Sebelum dihukum, Stefanus melihat Isa Al-Masih di sorga. Isa menampakkan diri padanya. Stefanus berkata, ". . . Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia (Isa Al-Masih) berdiri di sebelah kanan Allah" (Injil, Kisah Para Rasul 7:56).

Mohon untuk ditanggapi. Terimakasih.
Salam
# Staff Isa dan Al-Quran 2011-07-01 09:38
~
Saudara Nasrul,

Kiranya saudara perlu mengetahui bahwa kitab suci tidak mengajar adanya dua Tuhan. Namun umat Kristen mempercayai bahwa Allah yang Maha Esa itu beroknum tiga. ”Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!” (Kitab Taurat, Ulangan 6:4).

"Berdiri di sebelah kanan" adalah suatu ungkapan alegoris. Kata "kanan" sering digunakan oleh orang-orang Israel sebagai simbol kekuasaan. Maka ungkapan "Berdiri di sebelah kanan Allah" dalam Injil, Kisah Para Rasul 7:56 menunjukkan bahwa Isa Al-Masih sebagai pemegang otoritas keallahan sejati ketika kembali dalam kemuliaan-Nya di sorga.
~
SL
# Azriady 2011-06-04 20:39
*
Ada tiga ramalan dalam kitab Taurat yang dinantikan oleh orang Yahudi.
Orang Yahudi mengutus para imam bertanya kepada Yohanes( Yahya ) Pembabtis dalam Injil Rasul Besar Yohanes 1:21 ,siapakah dirinya ?

1. Apakah Mesias?
2. Apakah Elia?
3. Apakah “nabi itu”?

Mohon jawabannya atas tiga pertanyaan dari orang Yahudi tersebut!
# Azriady 2011-06-04 21:07
*
Mesias dalam bahasa Arab adalah Al Masih yaitu Isa Almasih.
Elia menurut Isa Al-Masih adalah Yahya tetapi Yahya sendiri menolak disebut Elia. Dan pertanyaan saya adalah siapa "nabi itu"?

Nabi adalah pemimpin umat,dan pada akhir zaman yang paling dinantikan tidak lain adalah Nabi Muhammad
# hanafi 2011-06-26 23:59
*
“Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu”(Qs 5:48).

Al-Quran itu penutup kitab suci Allah dan koreksi kitab-kitab yang telah diselewengkan oleh umat Yahudi dan umat Nasrani (Kristen).

“Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu” (Qs 2:79).

“Sesungguhnya diantara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: "Ia dari sisi Allah", padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui” (Qs 3:78).
# bejo 2011-06-27 00:07
*
“Wahai Ahli Kitab (nasrani), janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu , dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, 'Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya . Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan : "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya” (Qs 4:171).

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah" (Qs 3:64).
# Staff Isa dan Al-Quran 2011-06-28 12:03
~
Saudara Bejo,

Umat Kristen mempercayai bahwa Allah itu esa. Mereka menolak ajaran bahwa Allah itu tiga. “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga”(Qs. 5:73).

Umat Kristen juga tidak pernah menyamakan berhala dengan Tuhan,”Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus (Isa Al-Masih) dengan Belial (berhala)?” ( Injil, Surat 2 Korintus 6:15).
~
SL
# Penganut Muslim 2012-02-14 06:48
*
Mungkin umat Nasrani sendiri sudah tahu, kalau ada perbedaan isi Injil dari tahun ke tahun! Akui saja.
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-02-15 09:58
~
Setiap Kalimat Allah telah teruji. Dia adalah perisai kepada mereka yang berlindung dengan-Nya. Janganlah menambah apa-apa kepada Kalimat-kalimat -Nya, kelak Dia memurkaimu dan engkau terbukti seorang pendusta (Zabur, Kitab Amsal 30:5-6).

Alkitab itu adalah benar dan Al-Quran tidak pernah mengajar bahwa Alkitab telah dipalsukan. Hanya salah tafsiran dan pernyataan sepihak dari orang-orang yang mendorong mereka untuk mempercayai bahwa Alkitab telah dipalsukan.

Menurut Al-Quran, Allah tidak pernah menurunkan Kitab yang palsu. Nabi Muhammad dan umat Islam dinasihati supaya berpaling kepada mereka yang telah menerima kitab-kitab sebelumnya.

"Kami tiada mengutus sebelum engkau, (ya Muhammad), melainkan beberapa laki-laki, yang Kami wahyukan kepada mereka, maka tanyakanlah kepada orang-orang ahli kitab, jika kamu tiada tahu" (Qs 21:7).
~
SL
# Penganut Muslim 2012-02-14 06:50
*
Isa Al-Masih berdoa kepada Allah ketika di salib: “Elli, Elli Lama Sabaktani”. Artinya Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
Jadi Isa adalah nabi bukan Tuhan.
# aku 2012-03-17 00:37
*
Sebenarnya ajaran yang dibawa Muhamad adalah ajaran Yesus dan disempurnakan Allah. Itulah sebabnya mengapa Yesus paling banyak dibahas dalam Al Quran.

Ajaran Kristiani yang sekarang bukan ajaran Yesus, tapi ajaran Paulus. Coba terangkan pada kami dan cari dalam Injil pernahkah Yesus beribadah pada hari minggu. Dan pernahkah Yesus mengatakan Aku adalah Tuhan mu, dan surga itu hanya Aku peruntukan hanya untuk Orang-orang kristiani kalau ada dalil yang kami sebutkan saya sip jadi penginjil sejati.
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-03-17 17:11
~
Saudara Aku,

Mari kita ambil beberapa contoh dari ajaran Muhammad dan Yesus.

Yesus
- Monogami, dan perceraian diharamkan. “Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel” (Kitab Nabi Besar Maleaki 2:16).
- 'Kasih' adalah inti utama ajaran Yesus. “Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini" (Injil, Rasul Markus 12:31).

Muhammad
- Poligami, bahkan boleh mempunyai isteri 4 sekaligus. Perceraian diperbolehkan. Bahkan seorang suami boleh memukul isterinya.
- 'Jihad' adalah inti dari ajaran Islam. Walau Islam mengaku sebagai agama damai, tetapi tidak kurang dari 94 ayat dalam Al-Quran yang bicara tentang perang dan pembunuhan.

Bila memang benar ajaran yang dibawa Muhammad adalah menyempurnakan ajaran Yesus, dalam hal apakah Muhammad menyempurnakannya?

Orang-orang Kristen adalah pengikut Yesus. Sedangkan Paulus adalah salah satu dari rasul Yesus. Tentang berdoa, Yesus tidak pernah mengajarkan orang Kristen berdoa hanya hari minggu.

Dan inilah pengakuan Yesus tentang diri-Nya: “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

Sebelum saudara menjadi penginjil seperti yang saudara katakan di atas, ada baiknya saudara terlebih dahulu mengenal Pribadi Yesus yang sebenarnya.
~
SO
# jelan 2012-06-08 22:39
*
Dan inilah pengakuan Yesus tentang diri-Nya: “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

Sudah jelas Isa Al-Masih dipanggil guru, maksudnya tidak ada yang lain kecuali Dia, tiada Tuhan selain Allah.
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-15 18:30
~
Walaupun Isa Al-Masih tidak pernah secara langsung memperkenalkan diri-Nya sebagai Tuhan. Namun para pengikut-Nya percaya bahwa Dia adalah Tuhan.

Sejak awal semua pengikut Isa Al-Masih nampak yakin bahwa Dia adalah sepenuhnya Tuhan dalam rupa manusia. Rasul Besar Yohanes menyatakan bahwa Yesus menciptakan dunia ini. Rasul Petrus berkata: "Setiap orang yang percaya kepada-Nya menerima pengampunan dosa melalui nama-Nya."

Bahkan orang yang dahulu membenci-Nya, kini mengatakan: "Dia adalah gambar dari Allah yang tidak kelihatan...did alam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan" (Injil, Surat Kolose 1:15,19) .
~
SL
# jelan 2012-06-09 12:15
*
Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawa ban. Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati” (Taurat, Kitab Ulangan 18:19-20).

Orang Kristen-lah yang dimaksud, sebab Yesus menyuruh menyembah Allah (Injil, Rasul Markus 12:29).
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-15 18:25
~
Dalam konteks ayat ini Nabi Musa menubuatkan tentang Isa Al-Masih sebagai nabi terakhir seperti dirinya. Nabi Musa memberikan peringatan kepada umat Israel agar mereka percaya dan mentaati perkataan Isa Al-Masih. Karena perkataan Isa-Al-Masih adalah perkataan Allah.

Agar Allah juga tidak menuntut pertanggunganja wab kepada kita, maka kita harus percaya kepada perkataan Isa Al-Masih. “Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap berada di atasnya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:36).
~
SL
# jelan 2012-06-10 07:11
*
Saudara Aku,
Mari kita ambil beberapa contoh dari ajaran Yesus.
'Kasih' adalah inti utama ajaran Yesus. “Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini" (Injil, Rasul Markus 12:31).

Ini adalah hukum yang kedua, sedangkan hukum yang pertama adalah “Dengarlah hai Israel, Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa”. Jelas sudah terbukti bahwa Yesus mengajarkan ketauhidan.
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-15 18:20
~
Umat Kristen percaya kepada konsep “Allah Maha Esa Beroknum Tiga“ karena hal ini dengan jelas dinyatakan dalam Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi dan Injil. Kitab Suci menjelaskan bahwa ada tiga yang ilahi, yaitu Allah Bapa, Kalimat Allah dan Roh Allah, namun Allah Maha Esa. Konsep Trinitas menyatakan tentang fakta-fakta ini.

Bahkan dalam Injil, Yesus mengajarkan tentang konsep ini kepada murid-murid-Nya , “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Injil, Rasul Besar Matius 28:19-20).
~
SL
# jelan 2012-06-10 07:19
*
Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!” (Qs. Maryam: 20)

Jibril berkata: “Demikianlah Tuhanmu berfirman: ‘Hal itu adalah mudah bagi-Ku (ALLAH); dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.“ (Qs. Maryam: 21)
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-06-15 18:12
~
Ayat ini menjelaskan bahwa malaikat Jibril memberitahu seorang perawan suci Maryam akan melahirkan bayi laki-laki yang bernama Isa Al-Masih. Ketika mendengar perkataan malaikat Jibril, Maryam sangat terkejut. Karena ia telah bersumpah untuk menjaga kesuciannya kepada Allah. Untuk menenangkan Maryam, malaikat Jibril mengatakan bahwa perkara ini adalah perkara yang mudah bagi Allah.

Hal ini menunjukkan betapa uniknya Isa Al-Masih ini, Dia adalah satu-satunya bayi yang tidak berdosa. Bahkan Al-Quran sendiri menyatakan bahwa Isa Al-Masih disebut  Ruhullah dan K alimatullah. Da n seorang yang terkemuka di dunia dan di akhirat.

Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat daripada-Nya, namanya Al Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat,” (Qs 3:45).
~
SL
# Wirda 2012-08-23 10:14
*
Walaupun umumnya umat Muslim menolak bahwa Taurat adalah firman Allah, tetapi Al-Quran membenarkan bahwa Taurat adalah Firman Allah yang harus diakui.

Para pembaca yang terhormat. Apakah benar menurut anda bahwa umat Muslim menolak bahwa Taurat adalah firman Tuhan?

Beginilah citra umat non-Muslim yang ingin menjelek-jelekk an umat Islam. Oleh sebab itu berhati hatilah.
# Staff Isa dan Al-Quran 2012-08-23 15:28
~
Saudara Wirda,

Sungguh kami tidak mengerti maksud dari komentar saudara di atas. Dalam hal apakah umat non-Muslim menjelek-jelekk an umat Muslim?

Faktanya, orang Islam tidak mau mengakui Taurat dan Injil sebagai firman Allah. Menurut mereka, Taurat dan Injil sudah tidak asli. Juga kitab-kitab ini sudah kadaluarsa dan telah disempurnakan oleh Al-Quran.

Tapi Al-Quran bicara lain. Menurut Al-Quran justru sesungguhnya di dalam Taurat dan Injil-lah terdapat petunjuk dan cahaya bagi orang-orang bertakwa.

“Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46).

Bahkan, Muhammad yang adalah nabi orang Islam, diperintahkan bertanya kepada orang-orang yang membaca Taurat dan Injil bila dia berada dalam keragu-raguan.

“Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu...”
(Qs 10:94).
~
SO