Apakah Isa Al-Masih Melebihkan Nabi Islam

Kitab 01Ahmad adalah pengunjung setia situs IDI beragama Islam. Satu hari dia bertanya kepada staf IDI, “Ternyata 80% isi Al-Quran mengarah kepada Isa Al-Masih, sisanya 20% tentang Muhammad. Mengapa Muhammad yang diagungkan?”

Untuk mengetahui siapa nabi utama dan terutama di antara keduanya, setidaknya Anda perlu melihat delapan perbedaan antara Isa Al-Masih dan Muhammad. Untuk melihat kedelapan perbedaan tersebut, silakan klik di sini.

pdf

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Setelah melihat artikel tersebut, menurut saudara siapakah nabi yang terutama di antara keduanya? Dan mengapa dia disebut sebagai nabi terutama?
  2. Siapakah di antara kedua nabi tersebut yang dapat memberi jaminan keselamatan bagi pengikutnya? Mengapa?
  3. Di antara kedua nabi tersebut, siapakah nabi yang saudara imani? Sebutkan alasan saudara!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, baik dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# VIRGO 2016-07-26 10:02
~
Para Staf lDl Yth,

Berujuk kepada pertanyaan kalian diatas suatu hal yang perlu diketahui bahwa ternyata tujuan kalian adalah mencari kelemahan agama lslam.
Kalian selalu menonjolkan kelebihan lsa daripada Muhammad. Kejadian lsa menurut Al-Quran sama halnya dengan Adam.

Jadi apapun alasan kalian, lslam tidak perlu membahasnya lagi. Lebih baik kalian buka Alkitab kemudian periksa Injil Surat lbrani 7:1-3. "Dialah Malkisedik yang tidak berbapak, tiada beribu, tidak berawal dan tidak berselisih." Dibandingkan dengan Yesus belumlah jauh berbeda. Renungkanlah.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-08-04 16:03
~
Saudara Virgo,

Kami hanya menunjukkan fakta bahwa sesungguhnya Isa Al-Masih lebih dari seorang nabi biasa. Al-Quran sendiri yang memberikan mengenai hal ini.

Al-Quran mencatat, Isa Al-Masih sesudah ajal-Nya, Dia diangkat ke sorga dan sekarang bersama-sama dengan Allah. “(Ingatlah), ketika Allah berfirman: ‘Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku...‘” (Qs 3:55).

Sedangkah Muhammad hanyalah manusia biasa yang menyatakan diri sebagai nabi. Sehingga, dia mendapat penghormatan dan penghargaan para pengikutnya. Sebagai seorang manusia biasa, setelah meninggal Muhammad tidak bangkit ke sorga. Ia dimakamkan di Al-Masjid al-Nabawi, kota Madinah, tanah Arab. Bahkan umat Muslim rela mengeluarkan biaya besar untuk melihat makam Muhammad.
~
Slamet
# fitrah 2016-07-27 20:53
~
Sebenarnya motivasi membuat artikel/blog seperti ini apa? Sehebat, sepintar, ahli kitab, atau apapun itu, saya yakin dan percaya bahwa kalian tidak akan pernah menemukan kelemahan/kekur angan agama Islam. Kenapa? Karena Allah SWT sendirilah yang menyempurnakann ya. Jika kalian menganggap, apa yang tertulis dalam Al-Quran ada yang salah ketahuilah bahwa itu hanya pendapat manusia tanpa ilmu. Punya pendapat boleh saja tapi jika tidak punya dasar dan ilmu yang benar, sama halnya "Tong kosong berbunyi nyaring."
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-08-04 16:22
~
Saudara Fitrah,

Kami tidak bermaksud mencari kelemahan nabi saudara. Motivasi kami menyampaikan hal ini karena kami memang mengasihi saudara-saudara Muslim.

Melalui situs ini kami berharap saudara-saudara dapat menemukan kebenaran yang sesungguhnya, tetapi kami tidak pernah memaksa saudara umat Muslim menerima apa yang kami sampaikan.

Dan yang perlu diperhatikan, sebelum menolaknya, kami berharap saudara bersedia mempelajari dan merenungkan terlebih dahulu apa yang kami sampaikan. Demikian terimakasih.
~
Slamet
# SOMEBODY 2016-07-30 15:46
~
Kepada Staf lDl,

Setelah membaca artikel saudara diatas barulah saya mengerti bahwa tujuan anda tidak lain adalah untuk lebih menonjol lsa. Walaupun begitu bagaimanapun saya tetap lebih mengutamakan Muhammad SAW daripada lsa AS.

Asal anda tahu untuk mempopulerkan lsa, banyak bahan sebagai referensi anda edit dari ayat-ayat Al-Quran. Dengan kepintaran dan kelicikan anda sehingga anda tidak tanggung-tanggu ng lebih menonjolkan lsa daripada Muhammad Saw.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-08-04 16:38
~
Jelas kami tidak bermaksud membenarkan Kristen daripada Islam dengan meninggikan Isa Al-Masih dan merendahkan Muhammad. Tetapi tanpa harus direkayasa antara Isa Al-Masih dan Muhammad terlihat suatu perbedaan besar.

Misalnya, Isa Al-Masih memberikan diri-Nya sebagai jaminan keselamatan bagi pengikut-Nya. Isa berkta, “Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:28).
Sedangkan Muhammad berkata dengan jelas bahwa semua pengikutnya akan masuk neraka (Qs 19:71).
~
Slamet
# MELANY 2016-07-31 10:50
~
Para staf l Dl,

Setelah saya amati dengan seksama maka pilihan saya adalah Muhammad Saw. Nabi/rasul yang saya imani juga Muhammad Saw.

Baik lsa maupun Muhammad kedua-duanya tidak ada yang bisa menjamin keselamatan umatnya kecuali Allah Swt. Karena Dialah Maha Pencipta. Maha dari sekalian maha.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-08-04 16:50
~
Saudara Melany,

Kitab Suci Allah dengan jelas menyatakan bahwa Isa Al-Masih berkuasa memberikan hidup kekal di sorga bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup" (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:24).

Al-Quran juga mengatakan bahwa Allah Swt semua umat Muslim harus masuk neraka. "Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan" (Qs 19:71).
~
Slamet
# Udin 2016-08-02 01:56
~
Quoting SOMEBODY:
Pro Staf lDl,
Setelah membaca artikel saudara di atas barulah saya mengerti bahwa tujuan anda tidak lain adalah untuk lebih menonjol lsa.

Ya begitulah memang web yang satu ini, kadang tidak mau menjawab langsung pertanyaan kita saat diskusi. Web ini isinya hanya orang-orang yang pandai berkelit lidah tapi tidak ada dasar ilmunya.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-08-04 17:00
~
Saudara Udin,

Isa Al-Masih tidak perlu kami "dongkrak" populeritas-Nya . Diakui atau tidak Al-Quran justru memberi gelar Isa Al-Masih sebagai pribadi nomor satu di dunia maupun di sorga.

"(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al- Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)"(Qs 3:45).
~
Slamet
# hamba allah 2016-08-13 22:17
~
Menurut Islam, nabi dan rasul yang wajib diketahui ada 25 orang, dan setiap nabi dikasihi Allah. Oleh karena itu Allah menyelamatkan nabi Isa As dari pembunuhan dan diangkat ke langit. Di hari kiamat akan diturunkan kembali ke bumi. Semuanya sudah tercatat dalam Al-Quran.

Kenapa? Carilah jawabannya. Umat Islam beriman kepada Nabi Muhammad Saw, penutup segala nabi. Muhammad Saw akan menggunakan syafaat untuk umat nya pada hari kiamat, bukan di dunia.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-09-12 18:34
~
Saudara Hamba Allah,

Apabila yang tersalib bukan Isa Al-Masih, orang tersebut tidak akan berkata hal-hal mulia yang Isa Al-Masih ucapkan di kayu salib. Ia pasti meronta-ronta saat ditangkap, dicambuk, apalagi disalibkan. Dan tentu ia menyangkal bahwa dirinya Isa Al-Masih.

Sebaliknya, Alkitab mencatat bahwa Isa Al-Masih dengan tenang menghadapi semua proses penyaliban. Bahkan Isa berkata, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Injil, Rasul Lukas 23:34).

Oleh karena tidak ada jaminan bagi Nabi Muhammad masuk sorga maka tidaklah salah Allah memberikan perintah kepada umat Muslim untuk mendoakan nabi, sahabat sahabat nabi dan sanak kerabat nabi dalam bentuk sholawat setiap hari.
"...Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (Qs 33:56).
~
Slamet
# Taufik 2016-08-14 17:07
~
Ya jelaslah nabi Muhammad. Walaupun semua nabi wajib diimani tetang semua kebaikan yang dimiliki masing-masing nabi, mulai dari Adam sampai Muhammad. Tapi nabi yang paling istimewa jelas nabi Muhammad. Nabi Muhammad seorang yang rendah hati.

Contoh semua nabi pernah ditanya siapakah engkau? Aku adalah pejuang Allah, sementara nabi Muhammad menjawab dengan sangat rendah diri. Beliau menjawab aku adalah yatim, orang biasa yang menjalankan perintah Allah. Di situ salah satu keistinewaan nabi Muhammad bersifat rendah diri tingkat tinggi walaupun Allah mengangkat nya sebagai nabi dan rasul tapi beliau tetap rendah diri.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-09-12 18:53
~
Saudara Taufik,

Isa Al-Masih sebagai manusia juga memberikan teladan rendah hati. Mari kita lihat catatan dalam Kitab Suci Allah ini. "Yesus menjelaskan, ”Tahukah kamu apa yang telah aku lakukan kepadamu? . . . Jika aku, meskipun Tuan dan Guru, membasuh kakimu, kamu juga wajib saling membasuh kaki. Karena aku menetapkan pola bagimu, agar, sebagaimana yang telah kulakukan kepadamu, kamu harus melakukannya juga” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:12-15).

Melalui kerelaannya melakukan hal ini, Isa Al-Masih mengajar para rasulnya untuk rendah hati. Ternyata pelajaran itu selalu mereka ingat dan mendorong mereka untuk berlaku rendah hati di kemudian hari.

Dan lebih dalam lagi Kitab Suci Allah menunjukkan bahwa "Isa Al-Masih walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib" (Injil, Surat Filipi 2:6-8).
~
Slamet
# Taufik 2016-08-14 17:51
~
Kita percaya bahwa Isa adalah seorang nabi yang memiliki keistimewaan tetapi saya bingung kenapa agama bapak menyembah Yesus dan bukan nabi Isa. Sementara Yesus memiliki Bapa dan nabi Isa tidak.

Kenapa beraninya memajang lambang nabi Isa dengan keadaan tidak berbaju? Sementara kita setuju semua agama tidak boleh mengajarkan pornografi takutnya dilihat oleh anak-anak di bawah umur kan kasihan.

Dan yang ketiga tentang pengampunan dosa, sementara yang berhak mengampuni dosa oleh manusia adalah Allah Tuhan pencipta alam.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-09-13 14:42
~
Saudara Taufik,

Yesus Kristus dan Isa Al-Masih adalah nama pribadi yang sama. Dia lahir dari seorang perawan yang bernama Maria, seorang Yahudi. "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" (Injil, Rasul Besar Matius 1:23).

Jelas Kitab Suci Allah tidak mengajarkan pornografi, tetapi Isa Al-Masih ditelanjangi di kayu salib adalah fakta yang tidak boleh disembunyikan. Ketelanjangan Isa Al-Masih memang sangat memalukan, namun itu menunjukkan harga penebusan yang harus dibayar. Isa Al-Masih tidak hanya sekadar mencurahan darah, tapi bagaimana Dia dipermalukan untuk menggantikan tempat kita.

Isa Al-Masih sendiri mengatakan, "Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" (Injil, Rasul Markus 2:10).
~
Slamet
# Luke 2016-08-16 03:48
~
Kepada umat Muslim,

Kalian selalu katakan Yesus itu nabi. Jika nabi pasti melakukan kesalahan, termasuk Muhammad banyak. Tolong berikan bukti kesalahan Yesus! Saya mohon dijawab oleh Muslim.

Untuk Staf IDI,
Saya mohon anda berikan artikel kesalahan Muhammad atau semua nabi dan Yesus. Jika tidak ada kesalahan Yesus itu artinya siapakah Yesus itu?
Kiranya Tuhan Yesus berkati kita semuanya.
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-09-13 14:51
~
Saudara Luke,

Al-Quran mencatat bahwa semua nabi berdosa, termasuk Muhammad (Qs 48:2; 47:19). Oleh karena itu benarkah dia sebagai nabi terakhir yang menyempurnakan ajaran sebelumnya?

Hanya ada satu pribadi yang datang ke muka bumi ini yang suci dan tidak berdosa, yaitu Isa Al-Masih. "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci" (Qs 19:19).
~
Slamet
# Luke 2016-08-16 03:58
~
Taufik:

Nabi Muhammad paling istimewa? Kesalahan dia saja banyak. Seperti itu menurut kamu istimewa? Kalau aku yang istimewa itu Yesus karena tidak ada kesalahannya. Coba berikan bukti kesalahan Yesus!
# Staff Isa dan Al-Quran 2016-09-05 15:17
~
Saudara Luke,

Tentunya tidak ada orang yang istimewa. Karena semua orang yang pernah ada di muka bumi ini pasti pernah melakukan kesalahan atau dosa. Baik itu dosa kecil, besar, disengaja, maupun tidak.

Demikian halnya Nabi Muhammad. Dengan jelas Al-Quran mencatat bahwa ia juga berdosa: “Supaya Allah memberi ampunan kepadamu (Muhammad) terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan ni’mat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus” (Qs 48:2)

Sebaliknya Isa Al-Masih, yaitu Kalimat Allah, satu-satunya Pribadi yang suci. Al-Quran menjelaskan hanya ada satu Pribadi yang tidak berdosa, “Ia (Jibril) berkata:"Sesung guhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci" (Qs 19:19).
~
Slamet