Ulasan Berita Agama

BeritaSetiap orang memperhatikan warta berita. Kita ingin tahu tentang apa yang terjadi di dunia. Dan, banyak berita yang berhubungan dengan agama. Staff Isa dan Al-Quran berusaha membahas berita agama dalam terang ajaran Isa Al-Masih. Dengan kata lain, kami berusaha menilai berita menurut apa yang diajarkan Isa Al-Masih dalam Injil.

Pembubaran Natal Di Bandung Dan Gempa Aceh - Adakah Hubungannya?

on .

pembubaran natal sabugaPada tanggal 6 dan 7 Desember 2016 dua peristiwa beruntun. Yaitu penghentian paksa ibadah Natal di Bandung dan gempa Aceh 6,5 Skala Richter. Mungkinkah keduanya berkaitan?

Pembubaran Natal di Bandung

Ormas Pembela Ahlu Sunnah (PAS) dan Dewan Dakwah Islam (DDI) memprotes ibadah Natal di Sabuga, Bandung. Alasannya gedung itu bukanlah tempat ibadah.

Padahal, Al-Quran mengajarkan “Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia . . .” (Qs 9:6).

Cuitan Netizen di Twitter

Akun Twitter dengan tanda pagar/tagar #BandungIntoleran menjadi trending topik.

Hingga Rabu (7/12/2016), pukul 03.30 WIB, ada 8.100 cuitan di tagar itu.

"[email protected] kasihani kami minoritas ini . . . apa belum cukup kami di sebut2 KAFIR?" tulis akun Hendrix Tarihoran.

Akun Arya menuliskan ". . . sebagai warga bandung & muslim gw merasa malu atas tindakan ormas yang masuk ke dalam sabuga mengganggu kebaktian."

“Hentikan mencoreng Islam yang damai dengan melakukan perbuatan melanggar hak asasi orang lain, proses hukum pelakunya,” kata akun Rhoma Irama.

Gempa di Aceh – Apakah Balasan Pembubaran Natal Di Bandung?

Gempa hebat di Pidie, Aceh, mengakibatkan banyak korban dan kepedihan yang mendalam.

Benarkah gempa di Aceh sebagai balasan Allah terhadap pembubaran Natal di Bandung?

Tidak! Tidak semua bencana alam adalah hukuman Tuhan kepada manusia. Namun sewaktu-waktu Tuhan dapat menggunakan bencana alam untuk mengingatkan umat-Nya.

Yang pasti, dalam gempa bumi pun Allah sangat mengasihi manusia. Natal adalah salah satu bukti kebesaran kasih Allah.

gempa aceh pidieKaitan Pembubaran Natal Dan Gempa Aceh

Natal bukanlah momen kebencian, melainkan momen kasih. Kasih Isa Al-Masih menyatukan kedua peristiwa itu.

Kepada korban gempa Aceh dan semua manusia, Isa mengajarkan kasih yang terbaik. Sabda-Nya “. . . kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Injil, Rasul Besar Matius 19:19).

Kita berdoa agar Tuhan menolong mereka. Umat Nasrani juga sudah mengirimkan bantuan untuk meringankan beban hidup mereka.

Kepada orang-orang yang memusuhi kita, Isa Al-Masih mengajarkan sikap termulia. “. . . Kasihilah musuhmu dan berdoalah [berkat] bagi mereka yang menganiaya kamu” (Injil, Rasul Besar Matius 5: 44).

Isa mengajar umat-Nya agar jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Melainkan membalas kejahatan dengan kebaikan.

Islam, Kristen - Inilah Bukti Terbesar Kasih Allah

Bukti terbesar kasih Allah ialah turunnya Isa Al-Masih, Kalimatullah. Isa rela mati disalib untuk menggantikan hukuman dosa manusia.  “. . . Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Isa Al-Masih begitu mengasihi semua manusia, termasuk umat Muslim. Ia ingin mereka percaya kepada-Nya agar beroleh pengampunan dosa dan jaminan hidup kekal di sorga.                

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca:

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda apakah hikmah dua peristiwa menyedihkan itu bagi umat beragama?
  2.  Apakah ajaran mengasihi dari Isa Al-Masih adalah sikap terbaik terhadap pembubaran Natal di Bandung dan korban gempa di Aceh? Mengapa?
  3. Isa Al-Masih memberikan ajaran termulia, berkuasa mengampuni dosa dan menjamin hidup kekal. Mungkinkah Dia hanya manusia biasa? Buktinya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Sikap Isa Al-Masih Terhadap Pembantaian Muslim Rohingya

on .

rohingyaKita mendengar telah terjadi pembantaian Muslim Rohingya, di Mynmar. Dapatkah sikap Isa  Al-Masih menjadi panutan terhadap tragedi-tragedi seperti ini?

Derita Muslim Rohingya

Muslim Rohingya, Myanmar di Rakhine mengalami penderitaan. Menurut Human Rights Watch, militer Myanmar menghancurkan ratusan rumah suku Rohingya.

Kekerasan militer itu mengakibatkan kematian ratusan jiwa lebih.

Bagaimana Relasi Muslim dan Budha Myanmar?

Anthony Ware adalah pengamat politik Myanmar dari Australia. Menurutnya, aksi anti-Rohingya didukung oleh mayoritas Budha Myanmar. Dan dipimpin oleh para biksu Budha ultra nasionalis.

Menurutnya, para penganut Budha Myanmar menganggap Muslim sebagai bangsa. Padahal cuma penganut agama. Mereka sering dianggap sebagai ancaman terhadap negara dan agama Budha.

Apa Pesan MUI dan IMM Soal Rohingya?

Sekjen MUI, Anwar Abbas berharap dunia memberi perhatian terhadap pembantaian Muslim Rohingya itu.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) prihatin akan tragedi tersebut. Mereka mendesak agar Pemerintah Indonesia memutuskan hubungan dengan Myanmar. Sebab negara harus menghentikan pelaku kejahatan kemanusiaan. Kekerasan dalam bentuk dan motif apapun adalah salah.

Kejahatan, meski atas nama agama adalah dosa. Allah membenci dan menghukum dosa seperti itu. Kasihilah sesama kita dan jangan berbuat jahat kepada mereka.

Derita Muslim Rohingya: Bagaimana Respon Umat Beragama?

Umat Kristen, Islam dan semua agama berduka atas derita Muslim Rohingya itu. Kita harus menghentikan penganiayaan Muslim Rohingya.

Islam sendiri melarang pembunuhan. “Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain. . . maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya(Qs 5: 32).

Namun ada teroris tertentu mengaitkan Islam dan pembunuhan kaum non-Muslim. Dengan alasan membela agama atau jihad.

Orang Kristen sering dianiaya. Seperti pengeboman gereja Oikumene di Samarinda. Namun kami berempati akan derita Muslim Rohingya. Marilah kita bahu-membahu menolong mereka.

un reflectionsLangkah Nyata Menolong Muslim Rohingya

Kita harus menolong mereka. Mungkin beberapa tindakan ini dapat meringankan beban mereka. Berdoa agar Tuhan menolong mereka bebas dari penganiayaan tersebut. Kita mohon Pemerintah Indonesia mendesak Myanmar agar menghentikan tragedi itu.

Atau menyampaikan hal ini kepada PBB dan dewan hak asasi dunia. Dengan menerima mereka sebagai warga negara, Indonesia dapat meringankan derita mereka.

Bagaimana Sikap Isa Al-Masih Terhadap Kejahatan?

Isa Al-Masih, Kalimatullah  menentang kejahatan semacam itu.Ia mengajarkan hukum emas. “Perbuatlah kepada orang lain apa yang kamu kehendaki mereka perbuat kepadamu” (Kitab Suci Injil, Rasul Lukas 6:31).
                                                                                                                                         
Agar tercipta kedamaian, kita harus menaati hukum emas Isa Al-Masih. Dengan menaatinya, kita tidak akan berbuat jahat kepada orang lain. Juga tidak mengalami kejahatan dari orang lain.

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca:

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Mengapa menganiaya dan membunuh orang yang tidak seagama itu salah?
  2. Menurut Saudara, apakah hasil hukum emas Isa Al-Masih di atas (Injil, Rasul Lukas 6:31)bila diterapkan semua umat beragama?
  3. Menurut Saudara, adakah ajaran yang lebih baik dari hukum emas Isa Al-Masih di atas (Injil, Rasul Lukas 6:31)?  Berikan contohnya!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Apakah Wafatnya Muhammad Ali Mengajarkan Kita Tentang Agama?

on .

muhammad aliWafatnya Muhammad Ali, petinju legendaris, pada tanggal 4 Juni 2016, menarik perhatian dunia.  Ia merupakan petinju terkenal dalam sejarah dunia.

Mungkin ada Muslim yang bangga karena Muhammad Ali memeluk agama Islam. Namun sebetulnya dia mengikuti ajaran “Universal Sufirm” yang berfokus pada kesatuan semua agama. Pendirinya Hazrat Inayat Khan (1882-1927), orang India. Jadi, Muhammad Ali merupakan anggota bidat Islam.

Sering umat beragama merasa, jika orang terkenal mengikuti agamanya, berarti agamanya benar. Benarkah demikian? Karena Muhammad Ali beragama Islam, walau bidat Islam, apakah itu mendukung kebenaran agama Islam?

Pemuka-pemuka Dunia dan Agamanya

Gandhi seorang tokoh terkenal di dunia. Karena ia penganut agama Hindu, apakah dapat membuktikan kebenaran agama Hindu? Tidak!

Karl Marx, Vladimir Lenin dan Mao Tse Tung menjadi ateis. Apakah kenyataan itu membuktikan kebenaran ateisme? Tidak!

Martin Luther King adalah orang Kristen. Apakah kenyataan itu membuktikan kebenaran agama Kristen? Tidak!

Tokoh 15Jumlah Penduduk Membuktikan Kebenaran Agama?

Bagaimana jika 90% penduduk bumi beragama Kristen? Apakah itu membuktikan bahwa agama Kristen dari Allah? Tidak!

Bagaimana jika 95% penduduk bumi beragama Islam? Apakah itu membuktikan agama Islam berasal dari Allah? Tidak!

Peranan Kebangkitan Isa Al-Masih Bukti Kebenaran Injil

Kebenaran satu agama tidak tergantung dari jumlah penganutnya. Juga tidak tergantung apakah orang terkenal, seperti petinju Muhammad Ali, menjadi pengikutnya. Apa yang menjadi bukti utama kebenaran satu agama?

Isa Al-Masih bangkit dari antara orang mati. Inilah fakta sejarah! Ada 500 saksi mata! Ini membuktikan kebenaran agama Kristen.

Rasul Paulus sendiri berkata, “. . . jika Kristus [Isa Al-Masih] tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan (orang Kristen) . . .” (Injil, Surat I Korintus 15:17).

Bagaimana bila seandainya nabi Islam pernah berkata, “Isa Al-Masih bangkit dari antara orang mati.” Itu tidak mungkin menguatkan fakta kebangkitan Isa Al-Masih.

Nabi Islam bukan saksi mata kebangkitan Isa. Dia hidup enam ratus tahun setelah peristiwa tersebut. Maka pernyataanya tentang Isa, tidak mutlak benar!

Kebangkitan Isa Al-Masih, Fakta Sejarah

Ratusan orang menyaksikan sendiri kebangkitan Isa Al-Masih. Fakta sejarah ini tidak bergantung pada pandangan orang yang hidup 600 tahun kemudian.

Demikian agama Islam tidak benar karena petinju Muhammad Ali menjadi pengikutnya. Tidak benar karena jumlah penganutnya besar.

Kebangkitan Isa Al-Masih dari antara orang mati menentukan agama mana yang benar. Kebangkitan-Nya adalah fakta sejarah!

Jadi, Injil dan keselamatan yang Isa sediakan akibat penyaliban-Nya dan kebangkitan-Nya sungguh benar!

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Petinju Muhammad Ali wafat. Dengan mengingatnya, mengapa banyak orang senang Petinju Muhammad Ali menjadi orang Islam?
  2. Argumentasi apa yang dipakai orang untuk membuktikan agamanya?
  3. Apa yang membenarkan apakah satu agama benar atau palsu? Jelaskanlah pandangan Anda.

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Isra Mi'raj, Malam Penglihatan Muhammad

on .

penglihatanMenurut Muslim, Isra Mi’raj adalah malam yang  sangat penting bagi Muhammad. Pada malam ini, hidup Muhammad berubah sama sekali. Dia mengambil tidak hanya satu, tapi dua perjalanan. Salah satu aspek yang paling penting untuk seorang Muslim adalah doa harian, menjadi sebuah hasil dari acara ini.

Kenaikan Muhammad (Perspektif Orang Muslim)

Menurut orang Muslim, dua peristiwa penting terjadi pada malam hari perjalanan Muhammad. Pertama, Muhammad pergi ke sorga dan bertemu dengan banyak nabi, termasuk Adam, Musa, dan Isa Al-Masih. Mereka meminta Muhammad untuk memimpin mereka dalam doa, dan Muhammad melakukannya.

Muhammad kemudian melewati tujuh bidang surgawi. Dalam setiap bidang, ia melihat sebuah visi yang spesifik. Melalui visi ini, Tuhan berkata kepada Muhammad tentang pentingnya doa harian. Peristiwa ini adalah ketika Allah mengungkapkan bahwa umat Muslim harus berdoa lima kali sehari.

Hasil ini ditetapkan setelah melewati negosiasi yang cukup alot antara Allah dan Muhammad. Dimana awalnya Allah menawarkan sholat 50 kali, dan Muhammad berhasil menawarnya menjadi 5 kali.

Kenaikan Harfiah Isa Al-Masih

Ratusan tahun sebelum Muhammad mengaku telah naik ke sorga, Isa Al-Masih secara harfiah (tidak dalam hanya sebuah penglihatan di malam hari) telah naik ke sorga. Injil mencatat masa ini adalah peristiwa historis. Dikatakan, “Sesudah Ia (Isa) mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka” (Kisah Para Rasul 1:9). Menurut injil, tidak hanya Isa yang dinaikkan ke surga, tapi para pengikut-Nya (sejumlah saksi mata) menyaksikan hal itu terjadi!

Kisah Para Rasul 1:10-11 berkata, “Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: ‘Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu, berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Semua orang Muslim dan orang Kristen percaya Isa Al-Masih berada di sorga saat ini. Dengan kata lain, ini bukan sebuah visi, sebab Ia tidak kembali ke bumi.

Isa Al-Masih Akan Datang Kembali!

Tetapi Isa akan kembali ke bumi pada akhir zaman! Semua umat Muslim dan Kristen percaya akan hal ini juga. Salah satu Hadits menyatakan, "Waktu tidak akan didirikan sampai anak Maria (Miriam, yaitu Yesus) turun di antara kamu sebagai seorang penguasa yang adil” (Sahih al-Bukhari 3:43:656).

Isa akan datang untuk menghakimi dunia. Ia akan membagi rakyat itu menjadi dua kelompok: mereka yang percaya kepada-Nya dan mereka yang tidak percaya. Semua orang sudah percaya Isa sebagai korban sembelihan bagi dosanya akan hidup dengan Allah untuk semua kekekalan. Mereka yang tidak percaya akan dipisahkan dari Allah selama-lamanya.

Kami mengundang anda untuk pertimbangkan hal ini dengan hati-hati. Untuk dapat belajar lebih banyak tentang karunia Allah, yaitu keselamatan.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi salah satu pertanyaan berikut ini:

1. Apakah ada bukti dimana Muhammad benar pernah pergi ke surga?

2. Mengapa Isa Al-Masih memastikan Ia naik ke surga di depan para pengikut-Nya?

3. Apakah dampaknya, jika suatu hari Isa Al-Masih yang saat ini ada di sorga, dan datang kembali ke dunia sebagai Penguasa yang adil?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk komentar atau pertanyaan yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Jihad Islam Atau Kasih Isa Al-Masih?

on .

osamaKetika kami diskusi dengan teman-teman Muslim, terutama bila topik diskusi mengarah kepada inti ajaran Isa Al-Masih dan Muhammad, maka akan terjadi beda pendapat. Mengapa? Karena keduanya membawa ajaran yang bertolak-belakang.

Isa Al-Masih mengajarkan “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri . . .” (Injil, Rasul Besar Markus 12:31). Dan Muhammad mengajarkan  “H ai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu dan bersikap keraslah terhadap mereka ” (Qs 9:73) Ayat ini adalah salah satu ayat Al-Quran yang memerintahkan jihad kepada umat Muslim. Setidaknya ada lebih dari seratus ayat dalam Al-Quran yang berbicara tentang peperangan di jalan Allah. Dan lagi, mati sebagai jihad adalah satu-satunya cara seorang Muslim bisa langsung masuk sorga.

Muslim Indonesia, Muslim Yang Damai

Masyarakat Indonesia dikenal dengan budayanya yang ramah-tamah. Bicara tentang “masyarat” Indonesia, tentu didalamnya termasuk umat Muslim. Bila umat Muslim di Indonesia mengklaim diri mereka sebagai umat Muslim yang ramah terhadap umat non-Muslim, kami setuju akan hal itu.

Secara global, di Indonesia kita dapat melihat bagaimana umat Muslim dan non-Muslim hidup rukun berdampingan. Hal ini dapat kita jadikan sebagai bukti, bahwa sebenarnya umat Muslim di Indonesia dapat berbaur dengan umat lain.

Apakah Islam Mengajarkan Damai?

Perbedaan pendapat yang sering kali terjadi antara umat Muslim dan non-Muslim dalam menyikapi ajaran Islam adalah sudut pandang yang berbeda. Ketika seorang Muslim mengatakan bahwa Islam adalah ajaran damai, mereka hanya melihat dari sisi Muslim di Indonesia. Bukan ajaran Islam secara keseluruhan.

Agama “Islam” didirikan oleh Nabi Muhammad. Awal Muhammad mendirikan agamanya ini sudah diawali dengan perang. Para pembela Muslim mengatakan bahwa Muhammad menyuruh para pengikutnya melakukan kekerasan hanya sebagai tindakan mempertahankan diri. Mereka mengacu kepada ayat Qs 2:178, 190-191.

Klaim semacam itu tidak seluruhnya benar. Banyak ayat dalam Al-Quran yang justru memberi mandat kepada umat Muslim untuk melakukan agresi terhadap orang-orang non-Muslim (yang disebut kafir). Misalnya Qs 2:193 “Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) keta’atan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim”

Jihad Agama Islam

Bukti dari kekerasan agama Islam (ingat, bukan Islam Indonesia) adalah Jaringan Teroris Al Qaeda yang didirikan oleh Osama Bin Laden. Jaringan ini adalah suatu organisasi paramiliter fundamentalis Islam. Al Qaeda digolongkan sebagai organisasi teroris internasional oleh Amerika dan beberapa negara lainnya.

Salah satu perang “jalan Allah” yang dilakukan Osama adalah serangan teroris terhadap menara kembar World Trade Center di New York dan Pentagon, pada 11 September 2001 di AS yang menewaskan sedikitnya tiga ribu orang.

Jaringan Al Qaeda tidak hanya tersebar di negara Arab. Indonesia, negara mayoritas Muslim juga merupakan sarang dari anggota jaringan tersebut. Berbagai bom yang dilakukan oleh teroris di Indonesia, diyakini merupakan perpanjangan tangan dari Osama. Dalam melaksanakan tujuannya, jaringan ini merekrut anak-anak muda untuk dilatih menjadi jihad. Mereka tersebar di kota besar hingga ke berbagai daerah terpencil. Tujuan mereka adalah membuat Indonesia menjadi negara Islam. Bagi jaringan ini, orang-orang non-Muslim adalah kafir yang harus dibasmi dari muka bumi.

Apa yang dilakukan oleh para pembela Allah tersebut telah menjadikan citra umat Muslim di Indonesia, yang awalnya sebagai umat yang damai tercoreng. Hal ini diperparah beberapa insiden yang terjadi antara umat Muslim dan Kristen di Indonesia, yang memandang hina terhadap umat minoritas.

Isa Al-Masih: Ampuni dan Kasihi

Sebagaimana Islam adalah agama misi, demikian juga dengan agama Kristen dan agama-agama lain. Jelas setiap agama mempunyai misi bagaimana melebarkan sayap keagamaanya. Pertanyaannya: Haruskah dalam penyebaran tersebut dilakukan dengan cara kekerasan dan pertumpahan darah?

Isa Al-Masih, sebelum Dia naik ke sorga meninggalkan satu misi kepada pengikut-Nya. Agar mereka memberitakan Injil Keselamatan kepada seluruh dunia. Tapi Isa berpesan,  “Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat” (Injil, Rasul Lukas 10:10-11).

Isa Al-Masih tidak memerintahkan pengikut-Nya untuk mengangkat pedang bagi mereka yang menolak ajaran-Nya. Cukup memberi peringatan kepada mereka bahwa hari kiamat sudah dekat dan mereka harus bertobat.

Tujuan kedatangan Isa Al-Masih ke dunia ini adalah melepaskan manusia dari bertindak keras. Sehingga saat di kayu salib, Dia tidak mencaci-maki musuh-Nya, yaitu mereka yang menyalibkan-Nya. Sebaliknya, kata-kata terakhir bertujuan membawa damai di bumi. Sebelum menghembuskan nafas terakhir-Nya, Ia berseru, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Injil, Rasul Lukas 23:24).

Beberapa Pertanyaan Untuk Komentar:

Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1.         Bagaimana seharusnya umat Muslim di Indonesia bersikap terhadap umat non-Muslim?

2.         Apakah yang melatar-belakangi agama Islam menjadi identik dengan perang dan kekerasan?

3.         Sebagai Muslim, bagaimana Anda menilai jihad yang dilakukan oleh para jihadis tersebut?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk komentar atau pertanyaan yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
Demikian, kami harap diskusi kita akan menjadi semakin terarah dan tidak keluar dari topik artikel.

[ Staf Isa dan Islam – Untuk mengetahui lebih lagi bagaimana ajaran Kasih Isa Al-Masih tersebut, saudara dapat membaca pada tautan ini.]

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.